//

Minggu, 28 Juni 2009

Mengapa kemolaran dipengaruhi oleh suhu, sedangkan kemolalan tidak dipengaruhi oleh suhu ?

Berdasarkan pengertian kemolaran dan kemolalan itu sendiri kami mencari pokok dari permasalahan yang ada dalam soal diatas. Karena itu kami memulai dengan menelaah arti dari kemolaran dan kemolalan itu sendiri. Berikut adalah pengertian kemolaran dan kemolalan
 
1. Kemolaran
Kemolaran adalah konsentrasi larutan yang menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam 1 Liter larutan.
2. Kemolalan
Kemolalan adalah konsentrasi larutan yang menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam 1 Kg larutan.

Berdasarkan pengertian diatas maka terdapat kesamaan dan perbedaan antara Molaritas dan Molalitas. Kesamaan dari keduanya adalah sama – sama menentukan suatu ukuran konsentrasi larutan, tetapi yang membedakan keduanya adalah satuan larutan yang berbeda antara Molaritas dan Molalitas. 
Pada Molaritas, konsentrasi suatu larutan diukur dalam 1 liter lautan, sedangkan pada Molalitas, konsentrasi suatu larutan diukur dalam 1 kg larutan.
kemolalan ='m'= jumlah mol zat terlarut / 1 kg pelarut
kemolaran = 'M' = jumlah mol zat terlarut / 1 liter larutan

Maka dapat kita simpulkan bahwa Molaritas bergantung pada Volume larutan sedangkan Molalitas bergantung pada massa Pelarut
Kita ketahui bahwa ada suatu rumus yang menyatakn hubungan Volume dengan suhu

P V = n R T

Dari rumus diatas dapat disimpulkan bahwa Volume (V) berbanding lurus dengan Suhu (T). Jadi, apabila Suhu naik maka Volume akan naik pula.
Namun untuk rumus hubungan massa dengan suhu kami tidak menemukannya. Namun hal ini diperkuat dengan analisa kelompok kami berikut. 

Kita ketahui bahwa larutan itu terdiri dari pelarut dan zat terlarut, dan zat pelarut biasanya adalah zat fluida. Apabila kita menghitung volume pelarut pada suhu tinggi, maka nilai nya akan berbeda dengan kita mengukur volume di suhu standar. Tetapi apabila kita mengukur massa pada suhu tinggi, maka akan didapatkan nilai yang sama dengan pada saat kondisi standar (dengan catatan uap tidak keluar dari sistem)

Maka dari hal – hal diatas, kami menyimpulkan bahwa suhu memang mempengaruhi Volume yang nantinya akan mempengaruhi perhitungan Kemolaran, sedangkan Kemolalan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes